Wednesday 21 March 2012

Kucing di angkot

oleh Reggi Aristy pada 5 Februari 2012 pukul 21:40 ·
Sore itu aku  berjalan melintasi kerayapan kendaraan yg melintas sekitar daerah PVJ. Suasana masih ramai dengan lalu lalang pejalan kaki dan beberapa pasukan si hijau yang sesekali memberhentikan kendaraan bermotor. Tanganku masih lekat dengan ponselku. celingak-celinguk nggak jelas nggak tau naik angkot apa. dari pada nyasar, mending nanya orang. eh ternyata orang yg ku tanya adalah org yg ku kenal. rupanya kita punya nasib yang sama. nggak tau jalan, nggak tau naik angkot apa. di depan halte itu kami menjadi dua insan galau ditengah kepadatan kota bandung. beruntung ternyata ada satu korban lagi. seorang gadis cantik berkacamata gaul, dengan behel yang nangkring disela senyumannya, dia bertanya pada kami arah pulang ke rumah. kamipun tertawa karena kami sama-sama nggak tau juga. lengkap sudah kita bertiga memutuskan utk menjadi sekawan sepenanggungan saat itu. Aku dan finka teman SMAku, serta gadis yg mengaku berstatus SMA di pribadi yg baru kami kenal itu, akhirnya kita sama2 nanya ke tukang angkot.
Seusai turun di IP pada angkot pertama, aku berpisah dengan mereka. mereka berdua naik angkot yg sama karena ternyata rumah mrk deketan. aku naik angkot sendiri naik caheum ciroyom. sebelumnya aku mampir dulu ke KFC beli sundaes. bukan so gaya atau iklan produk, tapi saat itu uangku hanya ada satu. itupun berwarna merah. tadi aja dibayarin sama finka ongkosnya.
akhirnya, sekarang uang berwarna merah muda itu, menjadi lembaran yg terkontraminasi. ada yg lecek ada juga yg jejreg. tapi nggak pentinglah yg penting masih laku.
sepanjang jalan didalem angkot aku ngerasa risih sama beberapa anak mahasiswa ntah kampus mana. mereka ketawa-ketiwa nggak ngajak-ngajak, sambil was wes wos ngomongin koreaalay. bilang park shien young, le min jong, Asaaa Hayang NAJONG... (*sentimen gue nggak suka korea men)
beberapa menit setelah lama ngetem, ada dua org naik angkot. ibu-ibu sama anaknya.
mereka berpakaian jorok dengan bau yg sangat mencolok.
rambut kusut dibiarkan menjabrik. belum lagi asesoris dibiarin bergelantungann dibenang kusut itu.
dirambutnya ada daun2n, daun2 yg suka aku pake anjang2n, kayak daun katuk gitulah tapi kecil2 banyak banget dirambutnya. inget waktu sd kalo ada temen yg nabur daun diatas rambut aku, mereka bersorak "orang gila, ada orang gila,"
persis seperti orang gila. tapi aku nggak mau menjudge mereka gila, takutnya kedengeran atau telinganya panas ngerasa ada yg ngomongin.
nggak cuman daun2 yg ada di rambut mereka, ada peniti, lakban, paku payung, paku beton, kunci inggris, buset segala ada.  kayaknya kalo dikeramas itu kutu bejibun gila,,,hehe
sejenak aku menatap kaca angkot sambil melirik jalanan. tiba-tiba ada suara bunyi kucing disebelahku.
ah mungkin itu ring tone HP org. tapi kok bunyinya lain lain. meong meong tapi iramanya beda2.
aku berniat utk melihat tipe HP org yg membunyikan suara kucing itu.
pas aku lirik. BuSET dah itu kucing beneran.
anak kecil yg dibawa sama si ibu gelandangan itu ternyata membawa kucing. digendong layaknya bayi.
dicium2in di cup-cupin...haduhh gustii aku makin risih dan menggeser badanku menjauh darinya.
mereka berpakaian rock n roll.
baju sobek2, rok sobek2, pokoknya compang camping deh. mukanya juga nggak pernah difacial.
apapun itu lah aku cukup prihatin melihat keadaan mereka. aku hanya berharap dlm hati berdoa semoga mereka selalu diberkahi oleh allah. bukan mksud pelit, tadinya aku mau ngasih uang tapi takut dikira melecehkan. abis bingung ngebedain antara org normal sama org gila. soalnya si ibunya itu sesekali ngomong sendiiri.
takutnya kalo aku kasih duit malah ditagih minta nambah.
cerita belum beres, ada yg naik angkot lagi ternyata. wih mereka bule. suami istri dengan 3 anak ceweknya yang cantik kulitnya bener2 mulus. sangat kontras apabila dibandingkan dengan dua gelandangan tadi. terawat, dan yg tdak terawat.
si anak bule kaget. was wes wos gue ngerti sih ngomong apa, iintinya kaget liat kucing diangkot.
si mamah bule itu  mengernyit dahi mungkin dlm hatinya bilang "buset dah org indo freak abis, kucing aja digendong2 sambil dicium-ciumin nggak takut bengek apa?"
sesampainya di simpang dago mereka turun sama2, eh nggak denk duluan si bule sama rombongan cewek yg udh lama jempling nggak ngomongin korea lagi diangkot. pas disebrang baru deh dua gelandangan alias si ibu dan si anak yg masih nyium2 kucing gendongannya turun dari angkot. awalnya aku ragu kalo si ibu itu mau ngasih ongkos. eh tau nya dia ngusek2 sesuatu disaku rok gombrengnya. sambil sedikit mengepal, dia mengulurkan tangannya pada supir.
si supir tertawa sesaat setelah melajukan kendaraannya meninggalkan kedua gelandangan itu.
yah bagaimana tida tertawa, mereka hanya memberikan satu koin saja. yahhhh..seratus rupiah. entah ribunya kemana. yang jelas si supir berhenti tertawa dengan bijak berkata "nggak apa-apa neng sekalian nolongin orang. Abis daritadi saya liat nggak ada angkot yg mau berhenti ngasih tumpangan sama mereka,"

No comments:

Post a Comment

Comments system

Disqus Shortname

Navigation-Menus (Do Not Edit Here!)

Instagram Photo Gallery