Friday 25 December 2015

Travelling? Akibat Kurang Persiapan dan Serba Dadakan

~ Belum lulus jadi traveller kalo lo masih suka ngeluh ngadepin apa yang terjadi selama melakukan perjalanan.



Kali ini, gue mau ngomongin soal persiapan ketika lo mau melakukan perjalanan, travelling. Packing itu menunjukan kepribadian lo sebenernya. Lo harus bisa bijak memilih mana barang yang musti diprioritaskan. Perlu loh mencatat apa yang musti dibawa. Cari referensi atau riset dulu biar tau apa aja yang musti disiapin.
Kalo lo orangnya perfectionis, semua barang detail banget lo bawa bahkan hal kecil pun. Perjalanan cuman dua hari, tapi bawaan udah kayak korban pengungsian. Segala ditenteng, tas gede lah tote bag lah belum lagi keresek keresek lainnya. Ada loh orang yang kayak gini. Kalo ditanya, "ribet banget lo mau pindahan mbak?"
Pasti dia ngejawab "namanya juga jaga-jaga,"
Kalo gue sih mending bawa diri aja, kan ada kamu yang jagain aku. #kode

Kalo gue, belum pernah melakukan perjalanan dengan persiapan matang. Selalu serba dadakan. Lagi diem-diem gini nih, gabut. tiba tiba bilang "Yuk cus ke sukabumi sekarang,"
dengan prepare sejam kurang gue pun udh bisa langsung go ke luar kota.
Bahkan di path temen-temen pada komen ada yang bilang"Regi tuh manusia apa sih, sebentaran di south jakarta, di papua, makasar trus udah di bandung lagi,"
Dengan keberadaan pintu kemana saja, apapun bisa terjadi. Enya weh da Doraemon -_-

Kurang persiapan ini juga bukan hanya karena mood yg tiba tiba dapet ilham pengen ke suatu tempat. Seringnya sih, sebelum perjalanan selalu ada kerjaan.
Waktu mau ke Batam, dua hari full gue motret di Bogor.
Waktu mau ke Jogja, dari pagi liputan dulu sana sini sampe injure time buat packing.
Ah pokoknya banyak deh kesibukan gue sebelum ngelakuin perjalanan. No Boarding time!!
Alhasil barang yang semestinya gue bawa malah ga ke bawa. Misalnya, hal penting sih ini. Kamera. Karena gue pengen jalan-jalan sekalian lanskepan, gue sengaja sewa lensa wide ke pondok lensa. Mau minjem ke temen, pada dipake karena emang lagi waktu liburan.
Disela-sela liputan gue sempetin ke sana meski macet dan kepanasan pake motor. Waktu itu taman sari macet karena lagi ada wisuda disabuga. Nya panas, tunuh, nya lapar deui. Ampun dekah meni kieu-kieu teuing hirup teh..

dan taunya lensanya fullboked. adanya lensa wide buat nikon. Yaudadeh terpaksa gue sewa, dan mikir kameranya bisa pake yang di kantor karena kebetulan yang dikantor itu nikon.
Nah dari situ, gue langsung menuju studio buat pemotretan. Abis pemotreran menuju kantor, udah banyak kerjaan sana-sini. Letih, Lelah, Lapar (Astagfirullah, banyak ngeluh ni anak)

Karena emang dari kemaren dan saat itu gue sibuk ga sempet yang namanya packing, Segala barang gue masuk masukin ke bagasi mobil. Pas mau ngeluarin mobil dari garasi, di belokan jalan ada mobil parkir watados ngalangin jalan. Rumah gue emang gang banget buat mobil cuman cukup satu mobil sama satu motor. Makanya mobil baret-baret kalo gue yang make, ditambah banyak roda tukang dagang disepanjang jalan komplek rumah. (Komplek gang maksudnya)
Trus gue tanya sana sini buat nanya itu mobil siapa. Simobil sedan berplat B. Nunggu sejam lebih baru deh dateng orangnya, langsung gue marahin.
"Mas, ga mikir apa parkir seenaknya!"
Trus dia cuman senyum-senyum sambil minta maaf. Tadinya kalo masih lama mau dikempesin ban nya. Berani? iya berani ko KZL. Selvi yang sedari tadi juga sama-sama kesel langsung bilang "sabar istigfar udah jalannya harus kayak gini,"
Di situ gue langsung diem, tarik nafas meski muka masih bete ga karuan.

Di rest area pas cek bagasi mobil, baru deh teriak kalo kamera ketinggalan di kantor.
Mampus deh, kamera canon bawa lensanya nikon. Ngejodohin kamera aja gue masih teledor apalagi ngejodohin diri
Sepanjang jalan gue nyoba buat ngendaliin diri. Dan berfikir lebih jernih lagi. Lebih kalem lagi dan lebih ngambil hikmahnya lagi. Sesampainya di lokasi, gue turun turunin barang di mobil dan gue nemuin kalo si tas kamera nikon itu nyempil dideket kursi mobil ketumpuk sama barang lain.
Saking berantakannya gue packing, gue lupa kalo gue udh masukin kamera ke mobil.
Ah entahlah seketika hilang ingatan dengan kebodohan yang teramat sangat ga penting.

Dari situ gue mulai sadar kalo segala sesuatu serba dadakan ujungnya pasti berantakan. Kecuali, kalo lo lagi lucky. Tapi kalo lagi apes-apesnya ya lo bakalan kelimpungan deh..
Beberapa bulan lalu nih, waktu gue travelling ke malang naik kereta bareng temen, temen gue ngedadak datang bulan.
Jam menunjukan pukul 2 pagi. Doi panik sana sini karena ga bawa pembalut. Sementara perjalanan masih 5 jam lagi.
Setiap kereta berenti di stasiun kecil, kita langsung keluar nanya pembalut. Barang kali ada di P3K. Kita juga udh nanya nanya ke petugas kereta buat nanyain pembalut. Tapi tetep aja ga ada. Akhirnya, kita inisiatif buat nanya ke semua penumpang dari satu gerbong ke gerbong lainnya. Nyoba nanya sama penumpang yang belum terlelap. Penumpanf cewek sih. Yaialah masa "Permisi teman saya baru datang bulan, Mas bawa pembalut ga?"
ga mungkin juga kan nanya gitu.
Setelah nanya-nanya nih, seorang gadis cantik ngejawab kalo doi bawa pembalut. Akhirnya kita bisa bernafas lega dan kembali beristirahat lagi..
Semenjak dari situ, kita sering bawa pembalut kemana-mana.
Setelah banyak pengalaman sana sini, akhirnya gue sadar kalo ada beberapa barang sakral yang musti gue bawa kemana-mana. Diantaranya: Kamera, Alat Mandi, Daleman, Pembalut dan Obat-obatan. Semua barang ini selalu gue bawa kemana mana buat jaga jaga kalo tiba-tiba dadakan untuk melakukan perjalanan. Nah kalo kamu nih, barang apa yang penting dan wajib kamu bawa kalo mau travelling?

No comments:

Post a Comment

Comments system

Disqus Shortname

Navigation-Menus (Do Not Edit Here!)

Instagram Photo Gallery